Mengembalikan Dana/Uang Atas Transaksi Retur Penjualan Untuk Faktur Penjualan Yang Telah Lunas Accurate Online

Ilustrasi : Nilai Penjualan yang sudah dilunasi oleh pelanggan sebesar Rp 50.000 dilakukan retur dikarenakan alasan tertentu. Atas retur tesebut, maka perusahaan perlu melakukan pengembalian uang/dana ke pelanggan.

Berikut ini panduan untuk melakukan pencatatan pengembalian uang/dana ke pelanggan atas transaksi retur untuk faktur yang sudah lunas tersebut :

1.Setelah melakukan pencatatan retur penjualan, masuk ke menu Penjualan | Penerimaan Penjualan untuk melakukan pencatatan pengembalian dana/uang ke pelanggan.

  • Pilih pelanggan yang akan dikembalikan dananya, klik pada “Ambil” kemudian pilih “Faktur Belum Lunas”.
  • Kemudian pilih nomor faktur penjualan yang telah dilakukan retur, yang tampil dengan nilai terutang minusNotes : dikarenakan retur dilakukan untuk faktur penjualan telah dilunasi, maka nilai faktur tersebut akan tampil kembali di formulir Penerimaan Penjualan dengan nilai minus.
  • Klik “hitung nilai pembayaran” dan simpan transaksi.
  • Jurnal yang terbentuk atas transaksi pengembalian dana/uang tersebut adalah sebagai berikut ini .