Server Belum Siap Pada Accurate 5 / Server Not Ready Error

Saat Anda membuka database (gdb) pada program Accurate kemudian muncul warning error seperti di bawah ini :

Server not ready

Please ensure that your database path is correct

Server may be behind Firewall

Please ensure that your firebird on Server can listen on port 3051

maka ada 2 kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi, yaitu :

  1. Firebird tidak running
  2. Atau terdapat masalah jaringan yang terjadi antara network Client ke Server

Firebird Tidak Running

Firebird adalah database yang digunakan oleh Accurate. Firebird ini harus terinstall dan statusnya harus running di komputer tempat file data (gdb) tersebut disimpan yaitu pada komputer server.

Jika hal ini yang terjadi, maka Anda bisa mengecek pada komputer tempat database tersebut disimpan dengan cara :

  1. Klik menu Start pada komputer Anda
  2. Pilih Control Panel dan pilih Administrative Tools
  3. Kemudian pilih Services, cari firebird dan pastikan statusnya Started

Jika tidak ditemukan Firebird di Sevices, kemungkinan Firebird belum terinstall. Install Firebird terlebih dahulu menggunakan Installer (file setup) Accurate dengan memastikan option Server tercentang saat penginstallan. Setelah itu coba buka data kembali.

Jaringan Antara Server dan Client

Setelah memastikan Firebird running di komputer server, namun saat Anda membuka data masih terdapat warning “server not ready”, hal yang perlu Anda ketahui adalah pada komputer yang mana masalah ini terjadi.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan dan cara pengecekannya :

1. Server bisa dibuka tetapi semua Client yang ingin membuka data ke komputer server dengan cara Remote tidak bisa

Pastikan saat buka secara remote dari komputer client untuk Server Name kita sudah isi dengan IPAAdress komputer server yang benar. Cara mengetahui berapa IPAAdress komputer server, di komputer server lakukan IPConfig dari menu Start kemudian Run, ketikkan cmd lalu klik enter. Setelah itu akan diinformasikan berapa IPAAdress komputer server tsb, jika sebelumnya salah IPAAdressnya, silahkan mencoba lagi dengan IPAAdress yang seharusnya.

Untuk pengetikkan alamat data.gdb saat kita remote dari Client ke Server, cara pengetikkannya seperti pada komputer local server. Misal, jika data ada di drive C server maka langsung ketikkan C:\dstnya.gdb. Sehingga tidak pelu melakukan mapping drive atau folder tempat data, karena tidak bisa menggunakan hasil mapping tersebut.

Jika sudah mengetikkan IPAAdress dan alamat yang benar namun masih muncul konfirmasi yang sama, dari komputer server pilih menu Start kemudian pilih Control Panel lalu pilih Windows Firewall, pastikan statusnya Off, lalu coba buka data kembali.

2. Server dan beberapa Client bisa dibuka, tetapi hanya Client tertentu saja yang tidak bisa dibuka

Jika hanya client tertentu saja yang tidak bisa buka data dengan warning server not ready, pastikan saat membuka data untuk pengetikkan IPAAdress  server dan alamat data sudah sama caranya seperti komputer client yang lainnnya, Anda bisa melihat tampilan komputer client lain yang sudah berhasil buka data, di bagian paling atas tampilan Accurate terdapat informasi remotenya ke IP berapa dan berikut alamat file gdb-nya.

Selain itu pastikan koneksi jaringan komputer client yang tidak bisa buka data ini sudah terhubung dengan baik, cara pengecekannya adalah Anda “ping” ke komputer server dari komputer client tersebut ke Start kemudian Run, ketik cmd lalu enter. Pada tampilan cPromt ketikkan Ping IPAdress Server, contohnya ping 192.168.1.10 lalu enter. Pastikan konfirmasinya adalah Reply. Jika konfirmasi yang muncul adalah Request Time Out, silahkan dicek kembali koneksi jaringan komputer client tsb, misalnya kabel LAN yang terhubung ke PC atau ke HUB longgar, Anda bisa mencabutnya dan menghubungkannya kembali. Jika ping sudah Reply seharusnya saat membuka data dengan IP dan alamat data di server yang benar sudah bisa buka data.

3. Server (Komputer tempat menyimpan data) dan semua komputer Client tida bisa membuka data

Selain pastika firebird statusnya sudah running, lakukan langkah berikut ini :

a. Disable/matikan antivirus yang running di komputer server atau jika perlu di uninstall terlebih dahulu, kemudian coba buka data kembali. Hal ini dilakukan karena barangkali ada firewall bawaan dari antivirus yang memblok Port yang digunakan Accurate yaitu port 3051 dan 3052.

b. Psatikan IPAdress di komputer server  sudah disetting. Bisa dicek dengan cara ping localhost dari cPrompt, dan jika Anda ketikkann IPConfig di cPrompt tersebut maka informasi IPAdressnya akan muncul