Tips Bisnis Kedai Kopi Kekinian: Harus Punya Ciri Khas
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis yaitu menentukan melihat peluang bisnis. Untuk itu, para pelaku usaha perlu memerhatikan beberapa tips bisnis ini untuk memulai usaha.
Head of Expertise Group Finance PPM Management Yanuar Adrianto mengatakan, salah satu contoh peluang bisnis yaitu memilih pangsa pasar berdasarkan tren bisnis. Misalnya, kata dia, banyaknya kedai kopi saat ini bisa dimanfaatkan dengan memberikan ciri khas dibandingkan cafe pada umumnya.
“Yang paling masuk akal makanan dan minuman tersebut apa yang mau dilibatkan positioning (perbedaan) ya udah yang penting laku,”
Selain adanya diferensiasi atau ciri khas produk, Yanuar juga menambahkan, ada banyak bisnis es kopi yang menyasar pangsa pasar lebih luas. Menurutnya, beberapa kopi seperti Kopi Kenangan telah mampu menyasar pasar lebih luas.
“Kopi Kenangan, di bawah rata-rata kopi Starbucks dan sejenisnya dengan harga Rp 19.000 – Rp 20.000 per cup, serta kita harus menawarkan experience,” imbuhnya.